Monday, May 30, 2016

Menyambut Bulan Suci Ramadhan

Dalam hitungan hari kita akan menyabut bulan suci yang penuh berkah yaitu bulan suci ramadhan. Dimana kita sebagai umat muslim akan melaksanakan ibadah puasa selama satu bulan penuh. Puasa yaitu menahan hawa nafsu dan perbuatan-perbuatan yang di larang oleh allah s.w.t mulai dari makan, minum selama sebulan penuh. Menahan makan dan minum selama sehari penuh dan setelah adzan magrib berkomandan akan di perbolehkan untuk melakukan aktifias seperti biasanya yaitu makan dan minum. Banyak hal yang harus kita persiapkan untuk menyambut bulan suci ramadhan yang penuh berkah mulai dari persiapan jasmani dan rohani.

Dibilang mudah atau susah menjalani ibadah puasa selama satu bulan penuh, bisa dibilang relatif karena apa yang akan kita lakukan merupakan kewajiban dan banyak manfaat yang sudah terbukti secara ilmiah. Mungkin banyak yang bertanya kenapa kita harus melakukan puasa tapi secara ilmiah sudah terbukti bahwa berpuasa selama sebulan penuh memberikan keuntungan tersendiri bagi kesehatan kita sendiri. Seperti, percaya atau tidak puasa bisa menyembukan penyakit mah yang sudah kronis karena dengan berpuasa mengurangi asam lambung secara berlebihan.

Bagi kita yang beragama islam, ibadah puasa merupakan salah satu rukun islam yang wajib kita laksanakan. Lagi pula ibadah puasa hanya datang sekali setahun jadi tidak perlu alasan yang berlebihan untuk mengerjakan ibadah puasa. Coba kita pikirkan allah s.w.t tidak pernah perhitungan terhadap apa yang telah kita nikmati. Allah s.w.t tidak pernah meminta kita untuk membayar atas segala nikmat yang telah kita nikmati. rasanya terlalu naif kalau kita tidak mengikuti perintahnya secara apa yang kita lakukan demi kebaikan kita sendiri bukan untuk allah s.w.t karena allah s.w.t tidak mempunyai kekurangan apapun dia maha segala-galanya.

Mari kita belajar melakukan sesuatu dengan ikhlas biarkan allah s.w.t yang memberikan penilaian atas apa yang kita perbuat agar apa yang kita lakukan selalu mendapat ridho dan rahmatnya. Kita tidak bisa memungkiri kalau kita hanyalah manusia biasa yang tidak luput dari hilaf dan lupa tapi marilah kita berusaha untuk selalu berbuat yang terbaik agar hidup kita menjadi lebih baik dan lebih baik dari sebelumnya.

Ya allah s.w.t semoga di bulan suci ramadhan ini, kita menjadi lebih baik, di murahkan segalanya, mulai dari beban, urusan, drajat, rizki dan semua masalah dunia akhirat di berikan kemudahan. Aamiin. Ya allah s.w.t jangan tinggalkan kami dalam kesesetan yang nyata, bimbinglah kami untuk selalu dalam ridho dan rahmatmu. Jangan engkau sesatkan kami seperti orang-orang yang telah engaku sesatkan. Semoga allah s.w.t selalu memberikan hidayahnya kepada kita semua untuk menjadi manusia yang lebih baik dan selalu dalam lindungannya agar kita bisa tenang dalam melaksanakan ibadah puasa selama sebulan penuh.

2 comments:

  1. Selamat menyambut bulan suci Ramadhan, Mas. Semoga semakin mendekatkan kita kepada Allah Ta'ala. Aamiin..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin..Pak. Mudah-mudahan di bulan suci ini kita menjadi lebi baik dari sebelumnya dan Terima kasih banyak pak atas kunjungannya.

      Delete