Sunday, May 8, 2016

Mendaki Gunung bagi Pemula

Mendaki gunung adalah salah satu jenis olahraga yang di lakukan di alama bebas dan merupakan salah satu aktivitas yang menantang dan berbahaya. Tapi tidak semua orang beranggapan bahwa mendaki gunung adalah olahraga melainkan tempat menyalurkan hobi dan akhir-akhir ini semakin banyak orang yang berlomba untuk mendaki gunung baik kalangan pemula maupun profesional. Berikut ini Masitip akan membagikan beberapa tips Mendaki Gunung bagi pemula.

1. Observasi
Observasi atau pengenalan pada lingkungan atau kawasan gunung yang akan dipilih untuk melakukan pendakian, selain itu untuk mengetahui kondisi dan rute yang akan dilalui dan jarak yang akan ditempuh.
observasi bisa dilakukan melalui internet atau informasi dari seseorang yang sudah pernah melakukan pendakian sebelumnya.

2. Barang Bawaan
Untuk para pemula yang belum pernah melakukan pendakian, ada baiknya memperhatikan beberapa barang bawaan anda :
a. Jaket tebal
b. Sarung tangan
c. Penutup telinga
d. Topi atau kupluk
e. Sepatu khusus untuk melakukan pendakian
f. Tas khusus mendaki (carrier)
g. Senter dan Obat-Obatan yang di perlukan

perlu di perhatikan, bagi anda yang memiliki penyakit Asma, berpotensi memiliki serangan jantung, dan dalam masa kehamilan, sebaiknya anda tidak mengikuti aktivitas mendaki gunung karna dapat membahayakan diri anda sendiri nantinya.

3. Pemandu Wisata
Pemandu Wisata adalah seseorang yang bertugas membantu, membimbing dan memberi tahu tentang seluk beluk suatu lokasi. Kenapa harus menggunakan pemandu wisata  dalam mendaki gunung? karena dengan menggunakan jasa pemandu wisata dapat mempermudah bagi para pemula untuk melakukan pendakian. Dengan menggunakan pemandu wisata dapat mengurangi beberapa resiko seperti kecelakaan, hilang dan tersesat. Pemandu wisatapun di perlukan yang sudah mengenal daerah tersebut, agar para wisatawan yang menggunakan jasa pemandu dapat mengetahui sejarah, prasejarah, kegiatan di termpat tersebut, fasilitas, dan masih banyak lagi.
bagi seorang pemula tentu tidak mengetahui sepenuhnya tentang sejarah tempat yang dikunjungi, maka dari itu di daerah tersebut tersedia jasa pemandu wisata atau sering kita sebut guide untuk memandu suatu tempat yang kita tuju.


Semoga informasi tentang Mendaki Gunung Bagi Pemula bisa membantu memberikan pengetahuan tentang persiapan apa saja yang harus di ketahui sebelum melakukan pendakian. Agar tidak terjadi sesuatu hal yang tidak di inginkan.

No comments:

Post a Comment