Tuesday, May 10, 2016

Page Static Full Pada Template Default Blogger

Template Default Blogger merupakan template yang sudah di sediakan oleh blogger untuk di gunakan secara gratis dan boleh di edit sesuai dengan kemampuan. Tadi pagi saya ingin membuat halaman statik atau page static menjadi full width. Tapi Masitip terkadala pengetahuan dan sempat bingung kira-kira cara membuat page static mejadi full width, gimana... Akhirnya Masitip searching di google untuk mencari tahu cara membuat page static menjadi full width dan tidak lama kemudian Mbah google memunculkan beberapa site yang memberikan tutorial tentang cara membuat page static menjadi full width. Setelah itu Masitip memilih salah satu site dan kebetulan site tersebut merupakan sebuah sub direktori dari blogger. 

Masitip mencoba membaca dan memahami tutorial tersebut sambil melakukan pengeditan pada HTML blog Masitip. Setelah semua langkah saya ikuti, saya simpan hasil pengeditan terus saya view blog untuk melihat apakah ada perubahan dari hasil pengeditan tersebut dan hasilnya gagal, karena yang saya inginkan adalah membuat full width untuk page static. Hanya bagian sidebar yang hilang tapi lebar konten tidak berubah masih tetap seperti semula. Akhirnya saya mencoba memberanikan diri untuk mencari, Kira-kira masalahnya dimana. Kenapa kode yang saya pasang tidak berfungsi, ternyata karena faktor berikut :
  1. Template yang saya gunakan adalah template default blogger
  2. Cara yang saya ikuti sebenarnya benar tapi cuman salah penempatan. kenapa saya bilang salah, karena cara tersebut untuk template yang bukan template default blogger.
Jadi pokok masalahnya hanya pada template, Karena jika ada perhatikan template default blog mempunyai nama class dan id yang berbeda sedangkan pada template yang bukan default blogger biasanya atau kebanyakan mempunyai nama class dan id yang sama walaupun yang membuat template berbeda-beda.

Cara Membuat Page Static Full Width pada Template default blogger sebagai berikut :
  1. Buka blogger
  2. Pilih blog yang mau di Edit
  3. Pada bagian Edit HTML silahkan anda cari kode berikut </b:template-skin> setelah itu copy kode di bawah ini :
    <b:if cond='data:blog.pageType == &quot;static_page&quot;'>
    <style>
    .blog-feeds,#blog-pager,.post-title.entry-title,.comments,#sidebar-left-1,.post-footer{
    display: none;
    }
    .main-inner .columns {
        padding-left: 0px;
        padding-right: 0px;
    }
    </style>
    </b:if>
    dan paste di bawah kode </b:template-skin> 
  4. Simpan.

Semoga artikel tentang "Cara Membuat Page Static Full Width pada Template Default Blogger" bisa membantu memberikan solusi.
Terima Kasih.

No comments:

Post a Comment