Thursday, May 12, 2016

Dampak Merokok

Dalam menjalain hidup ada banyak hal yang di lakukan mulai yang bermanfaat dan tidak bermanfaat. Ada hal yang seharusnya tidak di lakukan oleh orang-orang dan dengan penuh kesadaran melakukan hal yang seharusnya tidak di lakukan. Salah satunya adalah rokok. Hampir di seluruh dunia menjadikan rokok sebagai kebutuhan primer dalam kehidupan sehari-hari. pada hal kita tahu rokok tidak akan membawa manfaat, yang ada banyak merugikan. Walaupun sudah di jelaskan, Merokok dapat menyebabkan gangguan kesehatan mulai dari janin, ginjal, hati dan lain sebagainya tapi tetap saja rokok menjadi primadona. Sekarang harga rokok semakin mahal tapi tidak akan pernah menyurutkan atau memadamkan keinginan untuk tidak membeli rokok karena rokok sudah menjadi style hidup dan kebutuhan primer.

Entah apa yang mempengaruhi sehingga rokok di jadiin gaya hidup dan kebutuhan primer. Pada hal rokok tidak bisa memberikan apapun, rokok tidak bisa membuat kita kenyang, rokok tidak bisa membuat kita sehat, dan rokok tidak bisa membuat kita kaya kecuali kita sebagai penjual baru bisa kaya dengan rokok. hehe... Jujur saja saya adalah perokok aktif oleh karena itu saya ingin berbagi pengalaman agar tidak mengkonsumsi rokok atau menginginkan menjadi perokok aktif terutama bagi para generasi muda yang belum mengenal rokok.

Belajar dari pengalaman pribadi. Rokok mempunyai dampak buruk yang secara perlahan akan di rasakan baik secara langsung maupun tidak langsung. Adapun Dampak Merokok sebagai berikut :

  1. Mengurangi Nafsu Makan
    Jika anda seorang perokok aktif, pasti sering merasakan berkurangnya nafsu makan dan lebih memilih merokok ketimbang makan. Mungkin bagi anda yang bukan perokok menganggap hall ini adalah sebuah kebodohan dan sangat-sangat bodoh. Tapi ada hal yang tidak bisa di jelaskan kenapa rokok bisa mengurangi nafsu makan dan saya sendiri sering mengalami nafsu makan yang berkurang karena rokok.
  2. Merusak Tenggorokan
    Merokok sering membuat tenggorokan gatal-gatal tidak jelas dan parahnya lagi merokok bisa membuat radang tenggorokan. 
  3. Membuat Bibir Menjadi Hitam
    Jika anda pengen tahu seseorang perokok aktif atau tidak, perhatikan bibirnya karena merokok bisa membuat bibir menjadi hitam terutama bagi perokok aktif. 
  4. Bau Mulut
    Salah satu penyebab bau mulut yaitu rokok. karena rokok membawa beberapa zat yang membuat unplug atau noda mulai dari gigi, tenggorokan dan lain-lain sehingga menyebabkan bau mulut.
  5. Panas Dalam
    Dari pengalaman pribadi saya, merokok bisa menyebabkan panas dalam karena pola hidup yang kurang teratur seperti jarang makan, minum air putih, dan kebayakan rokok dari pada mengkosumsi makanan. sehingga menyebabkan panas dalam.
  6. Keuangan
    Ini adalah salah satu dampak yang paling buruk dari merokok. Rokok membuat keuangan tidak akan pernah stabil bayangin aja, harga satu bungkus rokok Rp.22.000 dan belum tentu perokok aktif cukup dengan satu bungkus dalam sehari semalam. kalau di hitung satu bulan bisa mengeluarkan Rp.660. 000 hanya untuk membeli rokok. Apa kabar yang pendapatan pas-pasan seperti saya.
Buat generasi muda usahakan untuk tidak menjadi perokok karena seperti yang sudah kita bahas rokok hanya akan membawa dampak buruk bagi kehidupan kita dan tidak ada yang bisa di banggakan jika menjadi perokok.

No comments:

Post a Comment